Beagle


Secara umum anjing beagle dikenal dengan sebutan nama anjing Pemburu. Kelompok anjing ini merupakan ras anjing terkecil dari Keluarga anjing pemburu yang berasal dari Inggris. Pada sejarah anjing ini, dulu mereka sering dimanfaatkan dalam berburu kelinci di hutan, dikarenakan beagle memiliki penciuman yang sangat tajam.

Populasi Beagle hampir mengalami kepunahan pada tahun 1923 di Inggris, karena saaat itu banyak masyarakat di sana yang tidak lagi menyukai berburu bersama Beagle dikarenakan gerakan anjing tersebut tidak terlalu gesit. Namun  pada tahun 1930, Phillipe Honeywood meenjadi pioner yang  saat itu sangat mendukung kegiatan berburu bersama Beagle sehingga populasi anjing ini meningkat kembali.

Selain beagle dimanfaatkan sebagai anjing peliharaan, ternyata penegak hukum di beberapa negara juga suka menggunakan anjing ini sebagai anjing pelacak. Ciri-ciri fisik yang di miliki anjing ini adalah tinggi 25–28 cm, berat 7–11 kg, tubuh berotot,telinga panjang, mata berwarna coklat dan corak bulu yang berwarna hitam, dan putih serta kecoklatan.

Asal negara : Inggris
Nama lain : English beagle
Karakter : Pemburu, pasif, patuh dan bersahabat
Tinggi : 25–28 cm
Berat badan : 7–11 kg
Warna bulu : Hitam, putih dan kecoklatan